Skip to content

TUJUAN ILMU TAUHID

10 April 2009

TUJUAN ILMU TAUHID

 

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

 

Ilmu Tauhid bertujuan untuk memantapkan keyakinan seseorang kepada Allah swt. dengan menggunakan dalil naqli (Al-Quran dan Hadits) dan aqli (rasio).

Ilmu Tauhid berusaha menghilangkan keragu-raguan terhadap Tuhan yang melekat pada hati seseorang dengan godaan setan baik dari golongan jin maupun manusia. Ia bersedia membela dan mempertahankan kepercayaan kita kepada Tuhan. Dan juga Ilmu Tauhid meluruskan aqidah-aqidah yang menyeleweng dan keliru yang terjadi akibat kekacauan politik pada masa khulafaurrasyidun yang terakhir. Adanya kesalahfahaman dan pemalsuan hadits-hadits pada masa itu menyebabkan timbulnya Ilmu Tauhid sebagai suatu ilmu yang berdiri sendiri, Dengan demikian kemurnian pemahaman terhadap Allah swt kembali sesuai dengan Al-Quran dan Hadits.

Aqidah merupakan makanan jiwa bagi kehidupan ruh, sebagaimana badan membutuhkan makanan. Oleh karena manusia tidak dapat meninggalkan sesuatu aqidah untuk menganut aqidah yang lain. Ia merupakan pengendali pikiran dan perbuatan manusia, baik aqidah itu yang benar maupun aqidah yang salah. Semua usaha dan daya dapat mencerminkan aqidahnya. Orang yang mempunyai aqidah berusaha supaya orang lain menganut aqidahnya, terkadang membiarkan dirinya menghadapi kebinasaan. Maka dengan Ilmu Tauhid aqidah atau keimanan seseorang diharapkan akan bertambah, karena iman itu bisa bertambah atau berkurang, seperti firman Allah swt pada surat Al-Anfal ayat, yang terjemahnya :

Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu adalah mereka yang apabila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya) dan kepada Tuhan-lah mereka bertawakal”.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: